TpM8TpY5GSM5BSA5TpzoGUYlTi==

Slider

Tim Pengabdian UNNES Latih Guru SD Labschool Deep Learning untuk Pendidikan Abad 21

UNNES latih guru SD Labschool kuasai Deep Learning, siapkan pendidik abad 21 yang kritis dan kreatif, Selasa, 15 Juli 2025. (Tim Pengabdian UNNES)
UNNES latih guru SD Labschool kuasai Deep Learning, siapkan pendidik abad 21 yang kritis dan kreatif, Selasa, 15 Juli 2025. (Tim Pengabdian UNNES)

PAMONG.ID | Kanal Pendidik Indonesia - Universitas Negeri Semarang (UNNES) terus mengukuhkan perannya dalam memajukan pendidikan nasional. Melalui tim dosennya, UNNES baru saja menggelar program pengabdian masyarakat yang membekali guru-guru SD Labschool UNNES dengan pembelajaran Deep Learning. Inisiatif ini diklaim sebagai upaya konkret UNNES menjawab tantangan pendidikan di abad ke-21.


Kegiatan yang berlangsung di SD Labschool UNNES pada Selasa 15 Juli 2025 ini diikuti seluruh guru dengan antusiasme tinggi. Dipimpin oleh Sony Zulfikasari, S.Pd., M.Pd., tim pengabdian ini juga melibatkan Dr. Titi Prihatin, M.Pd., Tri Astuti, M.Pd., dan Prof. Dr. Malarsih, M.Sn.


Kepala SD Labschool UNNES, Anindhyta Putri Pradipta, S.Pd., menyambut baik program tersebut. Ia menekankan pentingnya terobosan semacam ini bagi peningkatan mutu pendidikan dasar. “Materi pembelajaran Deep Learning ini memberi wawasan baru tentang pembelajaran bermakna dan relevan dengan kebutuhan peserta didik masa kini. Kami merasa sangat terbantu,” ujar Anindhyta.


Deep Learning, dalam konteks pelatihan ini, bukanlah sekadar metode hafalan. Ia ditekankan sebagai pendekatan yang mendorong pemahaman mendalam, penguasaan konsep, serta pengembangan kompetensi siswa secara aktif dan reflektif. Ini sejalan dengan tuntutan pendidikan masa depan yang tidak hanya mengandalkan daya ingat, melainkan juga kemampuan analisis dan sintesis.


Kegiatan yang berlangsung sehari penuh ini juga melibatkan sejumlah mahasiswa UNNES sebagai pendamping. Mereka turut berperan aktif dalam memfasilitasi dan mendokumentasikan setiap sesi. Selain penyampaian materi, para guru juga diajak mengikuti workshop interaktif, diskusi kelompok, dan simulasi pembelajaran aplikatif.


Diharapkan, melalui program ini, guru-guru SD Labschool UNNES mampu mengintegrasikan strategi Deep Learning dalam proses belajar mengajar sehari-hari. Tujuannya jelas: membentuk karakter pembelajar yang kritis, kreatif, dan kolaboratif.


Program ini merupakan bagian integral dari agenda pengabdian kepada masyarakat UNNES. Selain mewujudkan visi sebagai universitas konservasi berreputasi internasional, kegiatan ini juga menjadi bukti nyata kontribusi UNNES dalam penguatan SDM pendidikan di sekolah-sekolah mitra.***

0Komentar

Special Ads
© Copyright - pamong.id
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.